Kerumunan Ikan Laut (Photo : Sony Soemarsono)
Halo Sahabat KANIKAN, Senang sekali rasanya kami bisa kembali menyapa kalian semua. Pada kesempatan kali ini kami sedikit memberikan ulasan atau membahas artikel seputar : Kenapa ya,  jika di konsumsi ikan di laut tidak terasa asin ? padahal air di laut kan rasanya asin !?

Sahabat KANIKAN, pernahkah terpikir dalam benak kita semua, mengapa ikan Di Laut tidak terasa asin ya? Padahal jika kita berfikir sejenak  secara logika, ikan yang hidup di laut dan tentunya air laut itu asin, bahkan ikan pun meminum dengan air laut yang asin tersebut. 

Dari pertanyaan diatas ada juga orang yang menjawabnya dengan penuh percaya diri : "Buktinya ikan kering yang dijual dipasar rasanya asin!". hehehe...!  (Ucap salah satu masyarakat yang telah kami survei).
Pernyataan itu sih menurut kami suatu pemikiran yang salah, karena pada dasarnya ikan kering yang dijual dipasaran udah diasinkan (melalui proses penggaraman). 

Lantas bagaimanakah jawaban dari permasalahan judul tersebut (Kenapa Ya,  Jika Dikonsumsi Ikan Di Laut Tidak Terasa Asin ?). 

Sahabat KANIKAN, meskipun ikan hidup di air, ternyata ikan juga membutuhkan minum, dan ikan membutuhkan minum juga agar tak kehausan. Jadi intinya ikan menggunakan air laut juga sebagai sumber minumnya. Namun meskipun begitu ikan mempunyai sel yang dikenal dengan sebutan ioncytes

Sel "ioncytes" terletak pada insang ikan yang tentunya berfungsi untuk menyaring garam yang masuk ke mulut ikan dan memompa garam tersebut keluar  dari tubuh ikan. Hal inilah yang menyebabkan kadar didalam tubuh ikan akan senantiasa lebih rendah dari kadar air laut di sekelilingnya yakni rata-rata berkisar 3% sampai 5%. Karenasel inilah yang membuat ikan laut tidak asin meskipun dia hidup di laut dan meminum air laut. Sel ini juga yang memproses perubahan air laut ke air tawar seperti alat Fresh Water Generator atau FWG. 

Alat FWG banyak digunakan pada kapal-kapal besar untuk melaut sampai berhari-hari yang membutuhkan air tawar yang banyak. Nah kira-kira begitulah jawabannya.! 

Semoga  artikel tersebut bisa bermanfaat buat Sahabat KANIKAN, dan tentunya juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita !

Terima Kasih.
Redaktur : Zainul Hakim
Dipublikasikan oleh  : kanikanpin.blogspot.com

1 komentar :

  1. Kalau tubuhnya gimana ?, Kan tubuhnya juga terkena air laut lalu mengapa rasanya tidak asin ? (Mohon Bantuannya) ^__^

    ReplyDelete

 
KANIKAN © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top