IKAN ASIN.
Sahabat KANIKAN, Kali ini kami akan membahas sedikit seputar pengurangan rasa asin pada ikan asin yang berkualitas tinggi. Benarkah larutan garam dapat mengurangi rasa asin pada ikan asin jauh lebih banyak dibandingkan dengan merendam ikan asin di dalam air biasa?

Memang benar, untuk mengurangi rasa asin di dalam ikan asin, kita bisa menggunakan larutan air garam yang hangat. Hanya dengan syarat kadar garam yang ada pada larutan lebih rendah, dibandingkan dengan kadar garam yang terkandung di dalam ikan asin. Biasanya, untuk 1 kg ikan asin, menggunakan perbandingan air : garam sebesar 2 L air : 1 sdm garam. Dengan cara ini, garam dari ikan asin lebih mudah tertarik dan larut ke dalam air garam, dibandingkan hanya sekadar direndam di dalam air hangat saja.

Apakah Rasa Asin Ikan Asin Berkurang Jika Direndam Air Garam ? Bukankah rasa asin yang terdapat dalam larutan akan menempel kepada ikan?

Jawabannya tidak. Justru garam yang ada pada ikan akan berpindah ke larutan garam. Karena kadar garam yang ada pada larutan lebih rendah daripada kadar garam yang terdapat pada ikan. Dalam proses kimiawi, garam pada ikan disebut larutan jenuh, dan larutan garam merupakan larutan tak jenuh. Sehingga akan terjadi perpindahan dari kondisi jenuh ke kondisi tak jenuh hingga sampai kepada terjadinya keseimbangan. Sebagai ilustrasi, aliran perpindahan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut.

Demikian sahabat KANIKAN, semoga bermanfaat.!


Artikel Oleh Konsultan:
Dr. Ir. Nuri Andarwulan, M.Si. (Jurusan Ilmu dan teknologi Pangan)
Fakultas Teknologi Pertanian, IPB, Bogor.

0 komentar :

Post a Comment

 
KANIKAN © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top